Laman

Friday 27 May 2016

Air Terjun Kalinyamat

Di Kostarika terdapat wisata air terjun tercantik bernama “Rio Celeste”. Kemudian, di China terdapat air terjun terindah bernama “Huangguoshu”. Begitu halnya, di dusun Curug, Desa Tegalsari, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo terdapat sebuah  air terjun Kalinyamat yang cantik dan mempesona.
Keindahan air terjun tiga lapis di Tegalsari itu bisa langsung dinikmati kesegaran air terjunnya oleh pengunjung. Karena, ketinggian air terjun dilapisan bawah ukurannya terjangkau  dilengkapi dengan kedung yang luas airnya bersih serta segar. 

Belum bisa dikatakan pecinta wisata air terjun, ketika belum mengunjungi air terjun tiga lapis yang terdapat di dusun Curug, Desa Tegalsari, Kecamatan Garung. Sebab, air terjun tiga lapis memiliki pesona kecantikan tersendiri. Ketinggian air terjun lapisan bawah yang hanya berkisar panjang 15 meter dengan kedung seluas 200 meter persegi itu bisa dinikmati langsung kesegaran air terjunnya.  
Memandangi pemandangan air terjun tiga lapis dengan air terjun bebas mengalir kebawah maka akan merasakan kesegaran air serta  merupakan hal yang paling mengesankan. Ditambah lagi, air terjun ini memiliki karakteristik yang memukau,  karena volume air yang ditampung dibendungan cukup besar. Lebar air terjun juga terbilang sedang, bahkan ketinggian air terjun lapisan paling bawah sangat indah dan mudah untuk dinikmati pengunjung. 
Air terjun tersebut berlapis tiga, lapisan atas sulit dijangkau, karena bebatuan yang besar menjadi penghalang. Lalu dilapisan kedua, air terjun sudah bisa dilihat, bahkan dilapisang tengah terdapat sebuah gua yang indah. Namun, yang paling mempesona ialah lapisan bagian bawah, karena air terjun yang mengalir diatas bebatuan ketinggiannya sedang dan luas kedungan bisa digunakan untuk berjemur. “Memang sekilas orang tidak tahu kalau di Tegalsari terdapat air terjun, padahal ketika mau menjelajahi terdapat air terjun yang sangat indah dan cantik. Pengunjungpun bisa langsung merasakan kesegaran air terjunnya,” Terang Kepala Desa Tegalsari, Kecamatan Garung, Sakdun kepada Tawon dirumahnya, Selasa (21/10).
Air terjun Kalinyamat itu merupakan bentuk formasi geologi dari arus air yang mengalir yang  berawal dari formasi bebatuan yang telah mengalami erosi dan mengalir kebawah dari suatu ketinggian. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa air terjun terjadi pada sekitar pegunungan Dieng. Dengan banyaknya daerah pegunungan yang sering mengalami erosi di dunia, maka membuat di dapati pula air terjun dengan pesona kecantikan masing-masing. Hanya saja, air terjun Tegalsari ini terbilang cantik.  “Awal mulanya terdapat air terjun karena faktor alam yang sumbernya berasal air di Sirangkel atau pegunungan Dieng. Kemudian, dari Sirangkel mengalir melalui pegunungan dan melalui bebatuan,” terangnya. 
Untuk menuju ke kompleks air terjun, pengunjung harus berjalan kaki dari Desa Tegalsari. Butuh waktu kurang lebih 10 menit maka akan sampai ke lokasi air terjun Kalinyamat yang memiliki tiga lapis air terjun.  (tawon/red.kang.Emil)




No comments:

Post a Comment